SERTIFIKASI PRODUK
Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro
Lembaga Sertifikasi Produk BBSPJIA (LSPr-010-IDN) bertujuan membantu pelaku usaha industri yang menginginkan produknya mendapatkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT SNI). Produk yang telah memenuhi syarat mutu dan mendapat SPPT SNI dapat mencantumkan logo SNI pada kemasannya. Hal ini tentu akan membangun kepercayaan konsumen dan mendorong daya saing produk di pasaran. Selain itu, pelaku usaha industri secara tidak langsung turut andil dalam melindungi konsumen dengan menjamin mutu produknya. LSPro BBSPJIA telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan ruang lingkup akreditasi sebanyak 92 produk (komoditas makanan, minuman, air minum dalam kemasan, dan pupuk)
Dalam melaksanakan kegiatan sertifikasi, LSPro BBSPJIA selalu berupaya untuk menumbuhkan kepercayaan dengan menerapkan prinsip yang mencakup:
- Ketidakberpihakan
- Kompetensi
- Tanggung jawab
- Keterbukaan
- Kerahasiaan
- Cepat tanggap terhadap keluhan
Kebijakan mutu kelembagaan telah terintegrasi ke kebijakan mutu BBSPJIA sebagai berikut.
Skema Sertifikasi LSPro BBSPJIA
- SPPT SNI Tipe 1 adalah jenis sertifikasi SNI yang mencakup kegiatan pengambilan contoh produk yang mewakili populasi dan pengujian sampel produk. Sertifikat yang diterbitkan hanya berlaku dan terbatas pada populasi yang diwakili oleh sampel, misalnya setiap satu batch produksi atau setiap satu shipment kedatangan komoditas impor.
- SPPT SNI Tipe 5 adalah jenis sertifikasi SNI yang melalui tahapan kegiatan penilaian kesesuaian, terdiri dari :
- 1. Pengambilan contoh produk dan pengujian mutu contoh produk di laboratorium.
- 2. Audit implementasi sistem manajemen mutu / sistem manajemen keamanan pangan sesuai persyaratan Standar yang diacu.
Ruang Lingkup LSPro :
Sesuai Sertifikat Akreditasi dengan Masa Berlaku 30 November 2025 – 29 November 2030)
| No | Produk | No SNI | Judul SNI | Skema Sertifikasi |
|---|---|---|---|---|
| 1. Kategori : Produk Pertanian dan Perkebunan (12) | ||||
| Sub Kategori : Hasil Pertanian dan Perkebunan (biji kopi, beras) (12.02) | ||||
| 1 | Biji Kopi | SNI 01-2907-2008 | Biji Kopi | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2021 Lampiran XIV* |
| 2. Kategori : Produk Tanaman dan Turunannya (15) | ||||
| Sub Kategori : Serealia, umbi-umbian dan produk turunannya (15.01) | ||||
| 1 | Tepung hunkwe | SNI 01-3726-1995 | Tepung hunkwe | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 2 | Tepung terigu sebagai bahan makanan | SNI 3751:2018 | Tepung terigu sebagai bahan makanan | Permenperin No 61 tahun 2024* |
| 3 | Pati jagung | SNI 8523:2024* | Pati jagung | Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun 2025* |
| 4 | Tepung Sagu / Pati Sagu | SNI 3729:2023* | Tepung Sagu | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Kacang-kacangan dan produk turunannya (15.02) | ||||
| 1 | Kecap Kedelai Manis | SNI 3543.1:2013 | Kecap Kedelai - Bagian 1 : Manis | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 2 | Kecap Kedelai Asin | SNI 3543.2:2013 | Kecap Kedelai - Bagian 2 : Asin | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 3 | Minuman Kedelai | SNI 3830:2023 | Minuman Kedelai | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Gula, produk gula, pati (Sugar, sugar products, starch) (15.03) | ||||
| 1 | Gula Kristal Rafinasi | SNI 3140.2:2018 | Gula Kristal – Bagian 2: Rafinasi | Peraturan Menteri Perindustrian No. 2 tahun 2025* |
| 2 | Gula Kristal putih | SNI 3140.3:2010 | Gula Kristal – Bagian 3 : Putih | Peraturan Menteri Pertanian No. 68/Permentan/OT.140/6/2013 |
| SNI 3140.3:2010/Amd1:2011 | Gula Kristal – Bagian 3 :Putih | Peraturan Menteri Pertanian No. 68/Permentan/OT.140/6/2013 | ||
| SNI 3140-3:2020 | Gula Kristal – Bagian 3 : Putih | Peraturan Menteri Pertanian No. 68/Permentan/OT.140/6/2013 | ||
| 3 | Jeli Hidrokoloid | SNI 3552:2018 | Jeli Hidrokoloid | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 4 | Agar-agar Tepung | SNI 2802:2021 | Tepung Agar-agar Murni | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 5 | Gula Kristal mentah | SNI 3140.1:2008 | Gula Kristal – Bagian 1 : Mentah | Keputusan Menteri Pertanian No.03/Kpts/KB.410/1/2003 - Tipe 1 dan 5 |
| SNI 3140.1:2008/Amd1:2011 | Gula Kristal – Bagian 1 : Mentah (raw sugar) | Keputusan Menteri Pertanian No.03/Kpts/KB.410/1/2003 - Tipe 1 dan 5 | ||
| SNI 3140.1:2020 | Gula Kristal – Bagian 1 : Mentah (raw sugar) | Keputusan Menteri Pertanian No.03/Kpts/KB.410/1/2003 - Tipe 1 dan 5 | ||
| Sub Kategori : Produk Buah dan Sayuran (buah kaleng) (15.04) | ||||
| 1 | Sari Buah | SNI 8373:2018** | Sari Buah | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 2 | Buah Kering | SNI 3710:2018** | Buah Kering | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 3 | Selai Buah / Jem, Jeli dan Marmalad | SNI 8419:2018** | Selai Buah / Jem, Jeli dan Marmalad | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Kopi, Teh, Kakao, Cokelat (Coffee, tea, cocoa) (15.06) | ||||
| 1 | Teh Kering Dalam Kemasan | SNI 3836:2013 | Teh Kering Dalam Kemasan | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 2 | Kopi Instant | SNI 2983:2024 | Kopi Instant | Peraturan Menteri Perindustrian No. 4 tahun 2025* |
| 3 | Lemak Kakao | SNI 3748:2009 | Lemak Kakao | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 4 | Kakao Massa | SNI 3749:2009 | Kakao Massa | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 5 | Kakao Bubuk | SNI 3747:2024* | Kakao Bubuk | Peraturan Menteri Perindustrian No. 10 tahun 2025* |
| 6 | Kopi Premiks | SNI 8773:2019 | Kopi Premiks | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 7 | Teh Hitam Celup | SNI 3753:2014 | Teh Hitam Celup | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 8 | Teh Hitam | SNI 1902:2016 | Teh Hitam | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 9 | Teh Hijau Bubuk | SNI 01-4453-1998 | Teh Hijau Bubuk | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 10 | Teh Hijau Celup | SNI 4324:2014 | Teh Hijau Celup | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 11 | Kopi Sangrai dan Kopi Bubuk | SNI 8964-2021 | Kopi Sangrai dan Kopi Bubuk | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Minyak Nabati, Lemak, Minyak Biji-bijian (Edible oils, fats, oilseeds) (15.07) | ||||
| 1 | Minyak Goreng Sawit | SNI 7709:2019 | Minyak Goreng Sawit | Peraturan Menteri Perindustrian No. 3 Tahun 2025* |
| 2 | Minyak Goreng | SNI 3741:2013 | Minyak Goreng | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 3 | Margarin | SNI 3541:2014 | Margarin | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 4 | Minyak Goreng Kelapa | SNI 8904:2020 | Minyak Goreng Kelapa | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 5 | Minyak Makan Merah | SNI 9098:2022 | Minyak Makan Merah | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Produk Tanaman dan Turunan Lainnya (15.99) | ||||
| 1 | Bawang Merah Goreng | SNI 7713:2013 | Bawang Merah Goreng | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 3. Kategori : Produk Hewan dan Turunannya (16) | ||||
| Sub Kategori : Susu, Produk Susu dan Produk Turunannya (Milk and Milk Produscts) (16.01) | ||||
| 1 | Susu Kental Manis | SNI 2971:2022 | Susu Kental Manis | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 2 | Susu Bubuk | SNI 2970:2022 | Susu Bubuk | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 3 | Susu Bubuk Rasa | SNI 3752:2018 | Susu Bubuk Rasa | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 4 | Yoghurt | SNI 2981:2009 | Yoghurt | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 5 | Es Krim / Es Berbasis Susu | SNI 3713:2020 | Es Berbasis Susu | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 6 | Susu Cair Plain | SNI 8984:2021 | Susu Cair Plain | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 7 | Keju Mozzarella | SNI 8896:2020 | Keju Mozzarella | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 8 | Keju Olahan | SNI 2980:2018 | Keju Olahan | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Daging, Produk Daging, Produk Ikan dan Produk Hewani Lain dan Turunannya (Meat, Meat Products and Others Animal Produce) (16.02) | ||||
| 1 | Kornet Daging Sapi (Corned Beef) | SNI 3775:2015 | Kornet Daging Sapi (Corned Beef) | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 2 | Bakso Daging | SNI 3818:2023* | Bakso Daging | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 3 | Sosis Daging | SNI 3820:2024* | Sosis Daging | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 4 | Kerupuk Ikan | SNI 8272:2016 | Kerupuk Ikan, Udang dan Moluska | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 5 | Dendeng Daging Dalam Kemasan | SNI 2908:2020 | Dendeng Daging Dalam Kemasan | Peraturan BSN Nomor 5 tahun 2024* |
| 4. Kategori : Produk Pangan Lainnya (17) | ||||
| Sub Kategori : Minuman (Beverages, Sirup, Limun) (17.01) | ||||
| 1 | Minuman Susu Fermentasi Berperisa | SNI 7552:2018* | Minuman Susu Fermentasi Berperisa | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 2 | Air Mineral | SNI 3553:2023 | Air Mineral | Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2024* |
| 3 | Air Demineral | SNI 6241:2023 SNI 6241:2023/Ralat 1:2024 | Air Demineral | Peraturan Menteri Perindustrian No. 62 tahun 2024* |
| 4 | Air Minum Embun | SNI 7812:2021* | Air Minum Embun | Peraturan Menteri Perindustrian No. 62 tahun 2024* |
| 5 | Minuman Teh Dalam Kemasan | SNI 3143:2011 | Minuman Teh Dalam Kemasan | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 6 | Air Mineral Alami | SNI 6242:2023 SNI 6242:2023/Ralat 1:2024* | Air Mineral Alami | Peraturan Menteri Perindustrian No. 62 tahun 2024* |
| 7 | Serbuk Minuman Tradisional | SNI 01-4320-1996 | Serbuk Minuman Tradisional | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 8 | Air Minum pH Tinggi | SNI 8982:2021 | Air Minum pH Tinggi | Peraturan Menteri Perindustrian No. 62 tahun 2024* |
| 9 | Sirup | SNI 3544:2013 | Sirup | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Rempah dan Bumbu (Spices and Condiments) (17.02) | ||||
| 1 | Monosodium Glutamate Monohidrat | SNI 8067:2015 | Mononatrium L-glutamat | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 2 | Garam Konsumsi Beryodium | SNI 3556:2024* | Garam Konsumsi Beryodium | Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 16 Tahun 2025* |
| 3 | Rempah-rempah Bubuk | SNI 01-3709-1995 | Rempah-rempah Bubuk | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| Sub Kategori : Produk Pangan Lainnya (17.99) | ||||
| 1 | Roti Tawar | SNI 8371:2018 | Roti Tawar | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 2 | Roti Manis | SNI 8372:2018 | Roti Manis | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 3 | Kacang garing | SNI 01-4301-1996 | Kacang garing | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 4 | Kue Lapis | SNI 01-4309-1996 | Kue Lapis | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 5 | Bihun | SNI 01-2975-2006 | Bihun | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 6 | Bihun Instan | SNI 3742:2019 | Bihun Instan | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 7 | Bakpia Kacang Hijau | SNI 01-4291-1996 | Bakpia Kacang Hijau | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 8 | Tempe Kedelai | SNI 3144:2015 | Tempe Kedelai | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 9 | Tepung Beras | SNI 3549:2009 | Tepung Beras | Peraturan BSN Nomor 4 tahun 2024* |
| 10 | Keripik Tempe | SNI 2602:2018 | Keripik Tempe | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 11 | Remah Roti | SNI 8906:2020 | Produk Remah Roti (Breadcrumbs) | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 12 | Sohun | SNI 01-3723-1995 | Sohun | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 13 | Saus Tomat | SNI 01-3546-2004 | Saus Tomat | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 14 | Minuman Sari Buah | SNI 3719:2022 | Minuman Sari Buah | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 15 | Keripik Kentang | SNI 4031:2018 | Keripik Kentang | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 16 | Keripik Singkong | SNI 4305:2018 | Keripik Singkong | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 17 | Keripik Buah | SNI 8370-2018 | Keripik Buah | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 18 | Keripik Jamur Kancing | SNI 01-4303-1996 | Keripik Jamur | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 19 | Sambal | SNI 5865:2018 | Sambal | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 20 | Santan | SNI 3816:2020 | Produk Santan | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 21 | Serbuk Minuman Serealia | SNI 4270:2021* | Serbuk Minuman Serealia | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 22 | Tepung Bumbu | SNI 4476:2018 | Tepung Bumbu | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 23 | Mi Kering | SNI 8217:2015 | Mi Kering | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 24 | Makanan Ringan Ekstrudat | SNI 2866:2015 | Makanan Ringan Ekstrudat | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 25 | Biskuit | SNI 2973:2011 | Biskuit | Peraturan Menteri Perindustrian No. 96/M-IND/PER/11/2015* |
| SNI 2973:2022 | Biskuit | Tipe 1 dan 5 (Skema Internal SS-AP-OLAHAN TERIGU)* | ||
| 26 | Mi Instan | SNI 3551:2018 | Mi Instan | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 27 | Krimer Nabati Bubuk | SNI 4444:2018 | Krimer Nabati Bubuk | Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 20 Tahun 2025* |
| 28 | Pasta | SNI 8777:2019** | Pasta | Peraturan BSN Nomor 6 tahun 2024* |
| 5. Kategori : Bahan dan Produk Kimia (18) | ||||
| Sub Kategori : Pupuk (18.07) | ||||
| 1 | Pupuk NPK Padat | SNI 2803:2024* | Pupuk NPK Padat | 1. Permenperin No. 08/M-IND/PER/2/2014 2. Permenperin Nomor 11 tahun 2025* |
| 2 | Pupuk Urea | SNI 2801:2010 | Pupuk Urea | Permenperin Nomor 73 tahun 2024* |
| 3 | Pupuk Tripel Super Fosfat | SNI 02-0086-2005 | Pupuk Tripel Superfosfat | Peraturan Menteri Perindustrian No. 26/M-IND/PER/4/2013 dan revisinya – Tipe 5/ Tipe 1b |
| 4 | Pupuk Fosfat Alam | SNI 02-3776-2005 | Pupuk Fosfat Alam untuk Pertanian | Peraturan Menteri Perindustrian No. 26/M-IND/PER/4/2013 dan revisinya – Tipe 5/ Tipe 1b |
| 5 | Pupuk KCl | SNI 02-2805-2005 | Pupuk Kalium Klorida | Peraturan Menteri Perindustrian No. 26/M-IND/PER/4/2013 dan revisinya – Tipe 5/ Tipe 1b |
| 6 | Pupuk SP-36 | SNI 02-3769-2005 | Pupuk SP-36 | Peraturan Menteri Perindustrian No. 26/M-IND/PER/4/2013 dan revisinya – Tipe 5/ Tipe 1b |
Catatan :
Tipe sertifikasi : berdasarkan SNI ISO/IEC 17067:2013
1 : Amandemen ke-1
2 : Amandemen ke-2
3 : Amandemen ke-3
4 : Amandemen ke-4
Keuntungan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT SNI)
- Menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keamanan pangan
- Meningkatkan daya saing perusahaan sehingga lebih menguasai pasar
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan konsumen
- Mengontrol dan risiko keamanan pangan secara efektif
- Menekan risiko biaya akibat penarikan produk yang bermasalah
Informasi Pelanggan LSPro :
- Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) BBSPJIA menggunakan ISO/IEC 17065:2012 serta ISO/IEC 17067:2013 Sebagai Acuan Dalam Standar Lembaga Sertifikasi Produk
- Sertifikasi SPPT SNI Tipe V dapat dilakukan menggunakan standar sistem ISO 22000:2018, ISO 9001:2015 atau HACCP
- BBSPJIA dapat memberikan pelayanan sertifikasi Produk yang terintegrasi dengan layanan sertifikasi sistem mutu dan/atau sistem manajemen keamanan pangan.
- Pelanggan menggunakan logo SNI sesuai dengan ketentuan regulasi pemberlakuan SNI wajib atau Peraturan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penggunaan Tanda SNI dan Tanda Kesesuaian Berbasis SNI.
- Hak serta kewajiban pelanggan dan ketentuan penggunaan tanda SNI ditetapkan pada prosedur CP 10 dan dokumen lisensi yang akan disampaikan pada pelanggan setelah sertifikat SPPT SNI terbit.
- Perluasan ruang lingkup dapat dilakukan dalam masa berlaku sertifikasi, baik bersamaan atau di luar jadwal surveillance. Sesuai dengan ketentuan pada prosedur CP 11, perluasan ruang lingkup sertifikasi Klien yang belum melewati jatuh tempo siklus audit surveillance atau resertifikasi dapat dilakukan dengan pengambilan contoh dan pengujian produk yang diajukan perluasan SNI-nya.
- Sesuai Sertifikat Akreditasi dengan Masa Berlaku 11 November 2020 – 10 November 2025) Amandemen ke-3 : 21 Februari 2024
SOP SERTIFIKASI PRODUK
Tata cara pendaftaran sertifikasi SNI
Berikut kami lampirkan formulir permohonan dan daftar isian perusahaan sebagai dasar kami dalam mengetahui secara pasti permohonan anda serta membuat surat informasi biaya. Jika perusahaan menerapkan sistem manajemen ISO 9001 dalam produksi, maka cukup mengikuti persyaratan ISO 9001. Begitu juga dengan sistem HACCP atau ISO 22000.
Formulir dan dokumen persyaratan mohon di upload ke sertifikasi.bbia.go.id
Apabila perusahaan belum memiliki akun, berikut tahapan dalam membuat akun:
Tahap 1. Klik https://sertifikasi.bbia.go.id/pelanggan/company lalu daftarkan Perusahaan anda. Setelah kami approve, bisa dilanjutkan ke tahap 2.
Tahap 2. Buat akun log in dengan klik https://sertifikasi.bbia.go.id/pelanggan/register setelah itu akan dikirimkan email berisi link aktivasi ke email yang terdaftar di website tersebut.
Tahap 3. Setelah pelanggan aktivasi di email register, silahkan coba log in.
Tahap 4. Setelah berhasil log in, isi dulu beberapa data perusahaan seperti nama Direktur, alamat kantor, alamat pabrik, dan alamat penagihan. Setelah kami lakukan approval ke-2 (dua), bisa dilanjutkan ke tahap 5.
Tahap 5. Setelah kami lakukan approval ke-2 (dua), silahkan login kembali dan bisa dilihat pada dashboard bagian atas pilih Pra-sertifikasi -> Permohonan -> Buat Permohonan Baru, setelah itu pilih jenis sertifikasi yang dibutuhkan dan upload kelengkapan dokumen.
Khusus sertifikasi produk Air Minum Dalam Kemasan, Tepung Terigu Sebagai Bahan Makanan, Gula Kristal Rafinasi, Minyak Goreng Sawit, Kopi Instan, dan Kakao Bubuk, perusahaan juga harus membuat akun dan mengajukan permohonan di SIINas.
Petunjuk penggunaan SIINas dapat diakses di tautan berikut:
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1AdYKA8_gcpe7a-R2VWphx6PRkQSHnI7A
PROSEDUR PERLUASAN, PENGURANGAN RUANG LINGKUP, PENANGGUHAN, PENCABUTAN DAN PEMBERLAKUAN KEMBALI SERTIFIKAT
Mekanisme perluasan atau pengurangan ruang lingkup sertifikasi :
1. Klien mengajukan permohonan (F.04) kepada LSPro BBSPJIA.
2. Berdasarkan permohonan akan dibuat program audit dan/atau pengambilan contoh dan pengujian produk dengan ketentuan apabila belum melewati jatuh tempo siklus audit surveillance atau resertifikasi, perluasan ruang lingkup sertifikat Klien dapat dilakukan cukup dengan pengambilan contoh dan pengujian produk yang diajukan perluasan SNI-nya.
3. Penerbitan revisi ruang lingkup sertifikasi melalui proses kaji ulang oleh Tim Reviewer dimana masa berlaku sertifikat mengikuti masa berlaku sertifikat yang diperluas.
Mekanisme penangguhan, pencabutan dan pemberlakuan kembali sertifikat :
1. Penyebab penangguhan dan/atau pencabutan sertifikasi :
- a. Klien tidak mengikuti aturan penggunaan tanda sertifikasi sesuai ketentuan yang berlaku
- b. Klien tidak mampu menyelesaikan tindakan korektif atas temuan ketidaksesuaian “major” dalam jangka waktu maksimal 2 bulan sejak temuan ketidaksesuaian diterbitkan
- c. Klien tidak bersedia dilakukan audit surveillance sesuai siklus jadwal audit
- d. Permohonan tertulis Klien dengan disertai alasan yang jelas
2. Untuk butir 1 a sampai c maka Klien akan diberikan surat peringatan penangguhan agar segera melakukan tindakan perbaikan sebelum batas waktu yang ditetapkan.
3. Apabila sampai batas waktu terlewati belum ditindaklanjuti maka diterbitkan surat penangguhan dengan disertai batas waktu penangguhannya. Status penangguhan akan dicabut, setelah Klien menindaklanjuti tindakan perbaikan dalam kurun waktu yang ditetapkan.
4. Apabila hingga batas waktu penangguhan tidak ada tindak lanjut maka akan diterbitkan surat pencabutan.
5. Pemberlakuan kembali sertifikat dapat dilakukan dengan syarat ketidaksesuaian yang mengakibatkan dilakukannya penangguhan sertifikat telah ditindaklanjuti dengan memuaskan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan atau dilakukan audit surveillance dan/atau pengambilan contoh selama masih belum melewati masa berlaku sertifikat.
6. Untuk Klien yang melewati batas tanggal Resertifikasi, sertifikat dapat diberlakukan kembali dengan persyaratan:
- a. Audit Resertifikasi telah selesai dilakukan maka Klien diharuskan melakukan tindakan korektif terhadap seluruh ketidaksesuaian yang diterbitkan dan dapat ditutup maksimum 4 bulan dari sejak berakhirnya masa berlaku sertifikat.
- b. Apabila kegiatan audit resertifikasi belum dilakukan sampai batas akhir sertifikat, maka kepada Klien harus dilakukan audit tahap 2 penuh.
- c. Periode pemberlakuan kembali sertifikat maksimum 6 bulan dari sejak masa berakhir sertifikat. Tanggal sertifikat yang diberlakukan kembali ditetapkan sama dengan tanggal ditetapkannya keputusan pemberlakuan kembali sertifikat. Sedangkan masa berlaku sertifikat mengikuti siklus masa berlaku sertifikat yang lama.
PROSEDUR KELUHAN ATAU BANDING
Dalam hal pertanggunggugatan yang timbul akibat kegiatan sertifikasi, LS-BBSPJIA mengikuti ketentuan yang diberlakukan untuk instansi pemerintah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 51 tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 5 tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara; dan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1991 tentang Ganti Rugi dan Tata Cara Pelaksanaannya pada Peradilan Tata Usaha Negara
TARIF SERTIFIKASI PRODUK
| No | Uraian | Satuan | Tarif (Rp) | Keterangan |
|---|---|---|---|---|
| Sertifikasi SNI Dalam Negeri | ||||
| 1 | Audit Surveillance Sertifikasi SNI (2 mandays) | Per perusahaan | 6.000.000 | |
| 2 | Audit Surveillance Sertifikasi SNI (4 mandays) | Per perusahaan | 8.500.000 | |
| 3 | Sertifikasi/resertifikasi SNI (4 mandays) | Per perusahaan | 15.000.000 | |
| 4 | Sertifikasi/resertifikasi SNI (6 mandays) | Per perusahaan | 18.000.000 | |
| 5 | Sertifikasi SNI Tipe 1 | Per perusahaan | 6.000.000 | |
| 6 | Biaya sertifikasi/resertifikasi SNI repacking 2 komoditi (6 mandays) | Per perusahaan | 23.000.000 | |
| 7 | Biaya sertifikasi/resertifikasi SNI repacking 3 komoditi (6 mandays) | Per perusahaan | 29.000.000 | |
| 8 | Sertifikasi SNI tipe 4 | Per perusahaan | 11.000.000 | |
| 9 | Biaya surveillance SNI repacking 2 komoditi (4 mandays) | Per perusahaan | 10.000.000 | |
| 10 | Biaya surveillance SNI repacking 3 komoditi (6 mandays) | Per perusahaan | 15.000.000 | |
| Sertifikasi SNI Luar Negeri | Per perusahaan | |||
| 11 | Audit Surveillance Sertifikasi SNI Luar Negeri (4 mandays) | Per perusahaan | 34.000.000 | |
| 12 | Audit Surveillance Sertifikasi SNI Luar Negeri (6 mandays) | Per perusahaan | 40.000.000 | |
| 13 | Audit Surveillance Sertifikasi SNI Luar Negeri (8 mandays) | Per perusahaan | 51.000.000 | |
| 14 | Sertifikasi/resertifikasi SPPT SNI Luar Negeri (8 mandays) | Per perusahaan | 55.000.000 | |
| 15 | Sertifikasi/resertifikasi SPPT SNI Luar Negeri (6 mandays) | Per perusahaan | 47.000.000 | |
| 16 | Komponen Biaya Sertifikasi (PP 47 Tahun 2011) | |||
| 1. Auditor kepala | Per orang/ hari | 2.150.000 | ||
| 2. Auditor | Per orang/ hari | 1.650.000 | ||
| 3. Tenaga Ahli | Per orang/ hari | 2.000.000 | ||
| 4. Biaya permohonan | Per permohonan | 500.000 | ||
| 5. Audit kecukupan | Per permohonan | 1.100.000 | ||
| Biaya Administrasi Sertifikasi | ||||
| 17 | Biaya evaluasi Penambahan Merek | Per Perusahaan | 1.000.000 | |
| 18 | Biaya Penerbitan Lampiran Sertifikat | Per Perusahaan | 150.000 |
- Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 5 Tahun 2024 tentang Tarif Badan Layanan Umum Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro pada Kementerian Perindustrian
- Sesuai Keputusan Kepala BBSPJIA No. 396 Tahun 2025 tentang Besaran Tarif Layanan Pada Badan Layanan Umum Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro
PERSYARATAN SERTIFIKASI PRODUK
- Formulir Permohonan (F.04-1)
- Formulir Data Isian Perusahaan (F.05)
- Kelengkapan Data Administrasi :
- Akte Pendirian Perusahaan / Akta Notaris Terbaru
- Nomor Induk Berusaha (NIB) / Izin Usaha Industri (IUI) / Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
- Sertifikat merek/ tanda daftar merek dari Direktorat Jenderal HAKI Kemenkumham
- Surat pelimpahan merek/ perjanjian kerjasama dari pemilik merek kepada perusahaan pemohon SPPT SNI (apabila ada maklon)
- Fotokopi NPWP
- Persyaratan Sistem Manajemen Perusahaan :
- Sertifikat ISO 9001/ ISO 22000/ HACCP (apabila ada)
- Surat pernyataan diri penerapan ISO 9001 / ISO 22000/ HACCP (apabila ‘4A’ tidak ada)
- Surat pernyataan diri penerapan CPPOB level 2 (khusus produk AMDK)
- Dokumen/ informasi terdokumentasi penerapan sistem manajemen berikut :
- Apabila perusahaan menerapkan ISO 9001:
- Pedoman/ Manual Mutu ISO 9001:2015 (apabila masih digunakan)
- Konteks organisasi (internal dan eksternal)
- Lingkup sistem manajemen mutu organisasi
- Sasaran mutu dan perencanaan untuk mencapai sasaran
- Dokumen yang menguraikan risiko dan peluang serta tindakan ditujukan pada peluang dan risiko
- Laporan Audit Internal Terakhir
- Laporan Tinjauan Manajemen Terakhir
- Apabila perusahaan menerapkan ISO 22000 :
- Pedoman/ Manual ISO 22000
- Dokumen HACCP
- Laporan Audit Internal Terakhir
- Laporan Tinjauan Manajemen Terakhir
- Apabila perusahaan menerapkan HACCP
- Dokumen HACCP
- Foto Sarana dan Prasarana Produks
- Apabila perusahaan menerapkan ISO 9001:
- Daftar induk dokumen/ informasi terdokumentasi
- Struktur organisasi
- Diagram alir proses produksi
- Sertifikasi hasil uji baku (khusus produk AMDK)
- Surat pernyataan bermaterai dari pimpinan perusahaan yang menyatakan tidak akan mengedarkan produk hingga SPPT SNI diterbitkan (berlaku untuk sertifikasi awal (khusus Produk Minyak Goreng Sawit)
- Ilustrasi pembubuhan tanda SNI tiap-tiap merek (Untuk SNI Wajib)
FAQ SERTIFIKASI PRODUK
Berapa lama sertifikat SNI berlaku?
Sertifikat SNI berlaku selama empat tahun, dan untuk setiap tahunnya dilaksanakan audit pengawasan (Surveillance).
Jika sertifikat merek belum terbit, dapatkah kami mendaftar sertifikasi SNI?
Jika sertifikat merek belum terbit, pendaftaran sertifikasi SNI tetap dapat dilaksanakan dengan melampirkan tanda daftar merek dengan ketentuan tanggal pada tanda daftar merek maksimal dua tahun ke belakang.
Perusahaan kami belum memiliki akta perusahaan karena masih berbentuk PD atau UMKM, apa yang bisa saya lakukan untuk mendaftar sertifikasi SNI?
Perusahaan dapat melampirkan Surat Izin Usaha Mikro Kecil (SIUMK) sebagai pengganti akta pendirian perusahaan.
Kami belum menerapkan sistem manajemen apapun baik itu ISO 9001, ISO 22000, ,maupun HACCP. Apakah kami bisa tetap melaksanakan sertifikasi SNI?
Sertifikasi SNI mensyaratkan implementasi sistem manajemen sesuai standar yang berlaku, sehingga perusahaan dapat mencari konsultan terpercaya untuk membantu implementasi dan penerapan sistem manajemen hingga siap untuk dilaksanakan audit.
Kami adalah perusahaan repacking yang mengemas ulang produk yang sudah memiliki sertifikat SNI sebelumnya. Apakah kami harus tetap melakukan sertifikasi SNI juga?
Apabila produk yang dikemas ulang adalah produk wajib SNI seperti minyak goreng sawit, kakao bubuk, garam konsumsi beryodium, dan lain sebagainya maka perusahaan repacking tetap wajib melakukan sertifikasi SNI, demi melindungi konsumen akhir karena selalu ada risiko bahaya pada produk apabila proses pengemasan ulang tidak sesuai standar mutu.
Berapa petugas yang berangkat pada saat pelaksanaan audit sertifikasi SPPT SNI?
Petugas yang berangkat pada umumnya adalah dua orang auditor dan satu orang petugas pengambil contoh (PPC).


