INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan perangkat untuk mengetahui kualitas pelayanan instansi pemerintah kepada pengguna jasa layanan yang diselenggarakan secara berkala sebagai bahan evaluasi untuk menetapkan kebijakan atau rencana tindak lanjut dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pubik. Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro secara rutin menyelenggrakan Survei Kepuasan Masyarakat yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.

1. Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat rata-rata seluruh layanan meliputi layanan pengujian, kalibrasi, sertifikasi, pelatihan, konsultansi, rancang bangun dan perekayasaan industri (RBPI), inspeksi teknis kecukupan panas dan uji profisiensi adalah 3,63 (dari skala 4) atau 90,75 (dari skala 100) dengan kategori “Sangat Baik”

Tabel 1. Indeks Kepuasan Masyarakat

(Seluruh Jasa Layanan)

WordPress Data Table Plugin

Catatan :

*) Survei Layanan Uji Profisiensi tahun 2020 baru dapat dilaksanakan pada bulan Maret 2021

Grafik 1. Indeks Kepuasan Masyarakt per Layanan

(Seluruh Jasa Layanan)

Grafik 2. Indeks Kepuasan Masyarakt per Unsur

(Seluruh Jasa Layanan)

2. Indeks Persepsi Korupsi

Indeks Persepsi Korupsi tahun 2021 untuk seluruh jasa layanan adalah 3,82 (dari skala 4), hasil ini lebih baik dibandingkan dengan hasil survei tahun 2020 yaitu 3,79. Selain itu, pada penghujung tahun 2021 BBIA berhasil mendapatkan penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tabel 2. Indeks Persepsi Korupsi

(Seluruh Jasa Layanan)

WordPress Data Table Plugin

Dari hasil survei dan penghargaan, dapat diartikan bahwa pelaksanaan layanan BBIA sudah dilakukan dengan baik, transparan, bersih dan akuntabel oleh seluruh petugas layanan.

Tabel 3. Indeks Persepsi Korupsi per Unsur

(Seluruh Jasa Layanan)

WordPress Data Table Plugin

3. Data Responden

Pada Survei Kepuasan Masyarakat 2021 didapatkan 904 respon pengguna layanan yang telah diisi secara lengkap, adapun karakteristik responden secara umum adalah sebagai berikut :

1). Jenis Kelamin

Berdasarkan data jumlah responden Perempuan lebih banyak dari pada jumlah responden Laki-laki yaitu responden Perempuan sebanyak 546 orang (60,4%) dan responden Laki-laki sebanyak 358 (39,6%).

Grafik 3. Komposisi responden berdasarkan Jenis Kelamin

2). Usia 

Berdasarkan data, karakteristik responden menurut usia adalah sebagai berikut :

  • Usia 20-30 tahun sebanyak 322 orang (35,62%)
  • Usia 31-40 tahun sebanyak 322 orang (35,62%)
  • Usia 41-50 tahun sebanyak 183 orang (20,24%)
  • Usia > 50 tahun sebanyak 77 orang (8,52%)

Grafik 4. Komposisi responden berdasarkan Usia

3). Pekerjaan

Berdasarkan data, karakteristik responden menurut pekerjaan adalah sebagai berikut :

  • Pelajar/mahasiswa sebanyak 21 orang (2,32%)
  • Pegawai swasta sebanyak 592 orang (65,49%)
  • Pegawai BUMN sebanyak 27 orang (2,99%)
  • Wirausaha sebanyak 45 orang (4,98%)
  • PNS/TNI/POLRI sebanyak 219 orang (24,39%)

Grafik 5. Komposisi responden berdasarkan Pekerjaan

4). Pendidikan

Berdasarkan data, karakteristik responden menurut pendidikan adalah sebagai berikut :

  • SMA sebanyak 67 orang (7,41%)
  • Diploma sebanyak 142 orang (15,71%)
  • S1 sebanyak 587 orang (64,93%)
  • S2 sebanyak 93 orang (10,29%)
  • S3 sebanyak 15 orang (1,66%)

Grafik 6. Komposisi responden berdasarkan Pendidikan