Back to homepage

Kompensasi Bagi Pelanggan

Surat Keputusan Kepala Balai Besar Industri Agro Nomor : 286 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemberian  Kompensasi Jasa di Lingkungan Balai Besar Industri Agro :

A. 
 PENDAHULUAN
 
1.

Latar Belakang

    Balai Besar Industri Agro (BBIA) merupakan Badan Layanan umum yang berada dibawah Kepala Badan standardisasi dan Kebljakan jasa Industri, Kementerian Perindustrian. Balai Besar Industri Agro mempunyai tugas melaksanakan Kegiatan Standardisasi, Pengujian, Sertifikasi, Kalibrasi, Pengembangan Kompetensi, serta layanan teknis lainnya kepada masyarakat dan atau khususnya dibidang industri Agro sesuai kebliakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan penelitian dan Pengembangan Industri.
    Dalam pelaksanaan suatu kontrak pekerjaan, permasalahan pemberian kompensansi kepada pengguna jasa merupakan suatu hal yang sudah sewajarnya di berikan oleh penyedia jasa, termasuk dalam pelayanan jasa yang diselenggarakan oleh Balai Besar Industri Agro. Pemberian kompensasi kepada pengguna jasa perlu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab apabila apabila dalam pelaksanaannya terdapat ketidak lancaran atau kendala dalam proses layanan seperti : ketersediaan bahan pereaksi, kelayakan operasional peralatan, petugas pelaksana, dan hal lainnya
    Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka diperlukan suatu pedoman yang menjelaskan tentang pemberian kompensasi kepada pengguna jasa layanan Balai Besar Industri Agro.
   2. Tujuan
    Tujuan penJrusunan dan penetapan pedoman pemberian Kompensasi pada Pengguna Jasa di Lingkungan Balai Besar Industri Agro, antara lain:
    1. Sebagai acuan dalam memberikan kompensasi kepada pengguna jasa layanan;
2. Membangun Integritas pegawai Balai Besar Industri Agro;
3. Menyediakan pelayanan yang baik dan ny€unan bagi pengguna layanan jasa;
4. Menciptakan budaya pelayanan publik yang prima, transparan dan efisien; dan
5. Mencegah terjadinya pengabaian mengakibatkan kerugian negara;
   3. Ruang Lingkup
    Pedoman Pemberian .Kompensasi pada pengguna jasa di lingkungan Balai Besar Industri. Agro, mencakup hal-hal yng terkait-dengan pemberian kompensasi kepada pengguna jasa Balai Besar Industri Agro, khususnya pada pelayanan pengujian laboratorium, yaitu berupa keterlambatan dalam proses pembuatan dan pengeluaran laporan hasil uji yang di sebabkan oleh kelalaian petugas.
   4. Pengguna Jasa yang berpotensi Mendapat Kompensasi
    Pengguna jasa yang akan memperoleh kompensasi adalah perorangan/instansi/perusahaan yang telah terdaftar melakukan jasa layanan di Balai Besar Industri Agro, dibuktikan dengan aaarrya kontrak (Surat Permohonan pengujian Contoh (SPFC), Surat Permohonan Pengkalibrasian Alat (SppA), perjanjian ke{asama dan surat sejenis lainnya)
     
 B. PEMBERIAN KOMPENSASI KEPADA PENGGUNA JASA
 

 1.

Kondisi Pemberian Kompensasi pada pengguna Pemberian kompensasi dilakukan jika terjadi hal sebagai berikut :
    a. Keterlambatan penyelesaian pekerjaan
b. Perubahan prosedur tanpa pemberitahuan kepada pelanggan
c. Pekerjaan  yang tidak sesuai  dengan  kontrak (Surat  permohonan Pengujian contoh (sppc), Surat permohonan pengkalibrasian Alat (SPPA), perjanjian kerjasama dan surat sejenis lainnya) akibat kelalaian petugas
d. Petugas layanan bertindak tidak sopan
   2. Jenis Kompensasi
    Kompensasi yang akan diberikan kepada pengguna layanan berupa pemberian cinderamata, perbaikan atau pengulangan peierjaan bebas biaya.
     
 C. PENUTUP
 

 1.

 

 

Pedoman Kompensasi pada pengguna jasa layanan agar diimplementasikan secara konsisten dan sungguh-sungguh serta agar ditindaklanjuti oleh semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan
tugas dan fungsi di Balai Besar Industri Agro di bawah koordinasi dan pengawasan atasan langsungnya.
 

 2.

 

Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pemberian kompenasi pada pengguna jasa di lingkungan Balai Besar Industri Agro di 1akukan secara rutin dan dilaporkan kepada Kepala Balai Besar Industri Agro.
     

SK Kepala BBIA No. 286 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pemberian  Kompensasi Jasa di Lingkungan Balai Besar Industri Agro