Back to homepage

Inspeksi Teknis Kecukupan Panas (F0) Thermal Process

 
Jasa Layanan Inspeksi Teknis 
 
Sterilisasi komersial adalah proses inaktivasi spora dengan panas dan/ atau perlakuan lain yang cukup untuk menjadikan pangan tersebut bebas dari mikroba yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dalam suhu ruang selama distribusi dan penyimpanan, dengan demikian umur simpan produk menjadi lebih lama. Untuk menjamin keamanan produk pangan berasam rendah yang diproses sterilisasi komersial, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Peraturan Kepala BPOM No. 24/2016 tentang persyaratan pangan steril komersial, antara lain :
  • Pangan berasam rendah yang dikemas hermetis dan disimpan pada suhu ruang harus disterilisasi komersial.
  • Sterilisasi komersial sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memberikan nilai F0 sekurang-kurangnya 3,0 menit dihitung terhadap spora Clostridium botulinum.
  • Penetapan kecukupan proses panan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus dilakukan untuk setiap jenis produk, jenis medium, ukuran produk, dan factor kritis lain yang berpotensi mempengaruhi nilai F0.
 
Ruang Lingkup
Untuk mendukung regulasi BPOM, BBSPJIA membentuk Lembaga Inspeksi Teknis Kecukupan Panas (LI-032-IDN) yang memberikan layanan pemeriksaan nilai kecukupan panas (F0). Selain itu, inspeksi teknis juga melayanai pemeriksaan distribusi suhu dan perhitungan alternative proses. Lembaga Inspeksi BBSPJIA merupakan satu-satunya Lembaga Inspeksi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk ruang lingkup akreditasi kecukupan panas berupa pengukuran nilai sterilisasi (F0) dan nilai kecukupan panas (F-value atau P-value) lainnya seperti pasteurisasi pada produk :
  • Makanan dan minuman dalam kemasan (kaleng, botol, pouch)
  • Produk farmasi : bahan/ zat cair (NaCl, asam laktat, dll) dalam kemasan (botol, pouch, ampul, vial)

Pengukuran F0 pada Proses Kecukupan Panas (Sterilisasi dan Pasteurisasi) 
Jasa layanan Inspeksi Teknis Balai Besar Industri Agro merupakan salah satu layanan dalam mendukung pelaksanaan Peraturan Kepala Badan POM No. 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Pangan Steril Komersial, yang sudah diberlakukan dalam rangka pengajuan persyaratan mendapatkan nomor MD di BPOM. Untuk mendukung hal tersebut Lembaga Inspeksi Teknis Balai Besar Industri Agro - Agro-Based Industry Technical Inspection Service atau Lembaga Inspeksi BBIA – ABITIS dapat melakukan Pengukuran F0 (Proses Kecukupan Panas baik pada proses Sterilisasi) maupun nilai proses kecukupan panas lainnya seperti Pasteurisasi.

Lembaga Inspeksi BBIA – ABITIS (LI BBIA/ABITIS) telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2005. Lembaga Inspeksi BBIA telah memenuhi ketentuan dan persyaratan Internasional untuk Lembaga Inspeksi sesuai persyaratan ISO/IEC 17020: yang diadopsi menjadi SNI ISO/IEC 17020:2012 : Conformity Assessment - Requirement for the Operation of various Type of Bodies Performing Inspection atau Penilaian Kesesuaian - Persyaratan pengoperasian berbagai Lembaga Inspeksi.

Lembaga Inspeksi BBIA merupakan lembaga yang netral dan bekerja secara profesional dengan menjamin kerahasiaan dan objektivitas hasil inspeksi teknis. Lembaga Inspeksi BBIA merupakan lembaga yang mandiri dalam menetapkan keputusan sertifikat inspeksi terkini dan tidak dapat dipengaruhi oleh lembaga terkait lainnya. 

Lembaga Inspeksi BBIA-ABITIS memberikan jasa inspeksi teknis kecukupan panas berupa pengukuran  F0 yang cepat, akurat, tepat waktu dan terpercaya sesuai persyaratan SNI 17020-2012. Untuk mencapai sasaran tersebut Lembaga Inspeksi BBIA di dukung sistem manajemen inspeksi teknis yang terdokumentasi dan sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), sumber daya yang profesional, sarana dan prasana yang memandai, serta metode inspeksi yang teruji. 

Jasa Layanan ABITIS inspeksi kecukupan panas (Thermal Adequacy/Thermal Process) merupakan :
  • Jasa inspeksi yang berhubungan  dengan pendeteksian penetrasi panas dalam produk untuk menentukan nilai sterilisasi (F0) dari proses termal yang dilakukan, sehingga kebutuhan penentuan suhu yang aman dan yang dikehendaki dalam proses strelisasi dapat di ukur secara cepat, tepat dengan akurasi yang tinggi.
  • Jasa inspeksi dapat di gunakan untuk memvalidasi pengukuran kecukupan panas untuk produk pangan (makanan dan minuman) dan farmasi.
Tujuan
  • Menjaga kualitas dan keamanan produk makanan yang dihasilkan
  • Untuk menjaga kepercayaan konsumen dan reputasi merek
  • Memenuhi regulasi atau peraturan yang berlaku
  • Membantu identifikasi permasalahan selama proses sterilisasi
  • Menghindari penarikan produk
Kontak
Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 11 Bogor, 16122
WA / Chat : 0812 1390 0044
Telp (hunting) : (0251) 832 4068 
Fax : (0251) 832 3339
Email : bbia.abitis@gmail.com, cabi@bbia.go.id