Rapat Teknis Uji Profisiensi Tahap I (15 Nov 2019)

Balai Besar Industri Agro 19 Nov 2019, 16:52:30 WIB

Rapat Teknis Uji Profisiensi Tahap I (15 Nov 2019)

Pada Jumat, 15 November 2019 telah diselenggarakan Rapat Teknis Uji Profisiensi Termin I BBIA Tahun 2019 untuk komoditi CPO (123 laboratorium peserta), Biskuit (44 peserta), Tepung Terigu dan Tepung Terigu Mikrobiologi (34 peserta).
Acara ini dibuka oleh Ibu Kepala BBIA (Ibu Siti Rohmah Siregar) yang didampingi oleh Ibu Sri Pudji Rahayu (Kabid Paskal). Pada pertemuan teknis ini dijelaskan tentang metode Statistik untuk Pengukuran Ketidakpastian pada Uji Profisiensi dan diskusi teknis yang mendalam tentang pembahasan laporan akhir hasil uji profisiensi para peserta. Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini dari awal hingga akhir. Mohon dukungannya selalu agar Penyelenggara Uji Profisiensi BBIA dapat meningkatkan layanannya untuk mengakomodir uji profisiensi laboratorium Pangan di Indonesia 😁👍

Apa itu uji profisiensi?
Uji profisiensi bertujuan untuk menilai unjuk kerja laboratorium dalam melakukan pengujian, pengukuran atau kalibrasi tertentu. Uji profisiensi memberikan kesempatan kepada laboratorium untuk dapat membandingkan hasil pengujian atau kalibrasinya terhadap nilai acuan atau unjuk kerja laboratorium lain yang serupa. Hasil ini menyatakan konfirmasi pada unjuk kerja laboratorium atau memberikan sinyal dan potensi masalah sehingga laboratorium peserta dapat mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut perbaikan untuk menjamin keabsahan hasil uji atau kalibrasi yang dikeluarkannya. Selain itu, uji profisiensi akan membantu laboratorium dalam memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025:2017 (Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Uji atau Kalibrasi) butir 7.7.2 (Pemastian Keabsahan Hasil) yang merupakan salah satu persyaratan utama untuk mendapatkan akreditasi KAN.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook