BBIA sebagai Pilot Project Industri 4.0 dalam pengolahan Modified Cassava Flour

Balai Besar Industri Agro 27 Jun 2019, 14:16:30 WIB

BBIA sebagai Pilot Project Industri 4.0 dalam pengolahan Modified Cassava Flour

Dengan perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dalam era teknologi revolusi industri 4.0, peran teknologi semakin penting dalam mengoptimalkan dan mengefisienkan suatu proses manufaktur, serta terciptanya inter koneksi antara manusia dan mesin, atau mesin dengan mesin dengan menggunakan media internet (internet of things/IoT).

Beberapa langkah-langkah strategis untuk mendukung percepatan adopsi industri 4.0 antara lain : 1. Peluncuran Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0; 2. menjadikan Indonesia sebagai official country partner pada Hannover Messe 2020 ; 3. program Making Indonesia 4.0 Start-Up; 4. Penyiapan SDM untuk transformasi Industry 4.0 di industri manufaktur prioritas baik SDM industri maupun SDM Aparatur Sipil Nasional.

BPPI bekerjasama dengan TUV Rheiland fokus pada  pendamping transformasi industri maupun untuk implementasi industri 4.0 di lingkungan dengan menyelenggarakan BimTek SDM Pendamping Transformasi Industry 4.0 yang diselenggarakan 24-28  Juni 2019 di Bogor dan  Surabaya.

Kunjungan lapangan pada pilot project pengolahan Modified Cassava Flour dengan prinsip 4.0 di Laboratorium Proses Balai Besar Industri Agro merupakan salah satu agenda dalam kegiatan tersebut selain itu BBIA juga mengirimkan wakilnya untuk dapat dibekali menjadi Pendamping Transformasi Industry 4.0.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Ngakan Timur Antara menuturkan Para Pendamping Transformasi 4.0 diharapkan mampu berperan sebagai expert, pemberi solusi untuk masalah yang ada, apakah terkait sensoring, maintenance dll. Predictive maintenance sebagai salah satu penerapan industri 4.0 Untukdapat memiliki kemampuan tersebut harus memahami dahulu ilmu pengetahuan dan tanggung jawabnya, Bimtek tersebut sarananya.

Ngakan menambahkan peserta Bimtek dapat memanfaatkan kunjungan ke Laboratorium Proses BBIA dan ke PT. Indolakto  tersebut untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan semaksimal mu

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook